Wednesday, July 29, 2009

Elemen-elemen HTML

Setelah belajar sedikit tentang HTML dasar, kita lanjutkan ke elemen HTML. Coba lihat beberapa contoh elemen HTML di bawah ini:





Tag Awal * Isi Elemen Tag Akhir *
<p> Ini adalah sebuah paragaraf</p>
<a href="default.html"> Ini adalah sebuah link </a>
<br />


* Tag Awal biasanya juga disebut Tag pembuka. Tag Akhir juga disebut Tag Penutup.

Tidak semua elemen HTML mempunyai isi. Seperti elemen <br /> misalnya, elemen ini tidak mempunyai isi dan tidak mempunyai tag penutup.

Contoh Dokumen HTML


<html>
<head>
<title>Judul Website</title>
</head>
<body>
<p>Ini adalah paragraf</p>
</body>
</html>


Penjelasa contoh:

1. Elemen <title>

<title>Judul Website</title>

Elemen <title> mempunyai isi yaitu Judul Website. Elemen <title> berada didalam elemen <head>. Di browser, pada Title bar akan muncul Judul Website.

2. Elemen <p>

<p>Ini adalah paragraf</p>

Elemen <p> mempunyai isi yaitu Ini adalah paragraf. Elemen <p> harus berada diantara tag <body> dan </body>.

3.Elemen <body>

<body>
<p>Ini adalah paragraf</p>
</body>

Pada elemen <body> inilah semua konten dokumen web diletakkan. Pada contoh, elemen <body> ini mempunyai isi yaitu sebuah paragraf (tag <p>).

Jangan Lupakan Tag Penutup

Biasanya browser akan tetap menampilkan dokumen HTML dengan walaupun ada sebuah tag yang harusnya ditutup tapi lupa ditutup.


<p>Ini adalah paragraf</p>
<p>Ini adalah paragraf<

Contoh di atas akan berjalan pada kebanyakan browser, tapi sangat disarankan untuk membiasakan diri menutup setiap tag. Kecuali tag tersebut memang tidak mempunyai tag penutup seperti tag <br />. Tapi jika kita lupa menutup tag <td>, bisa dipastikan tampilan dokumen HTML akan acak-acakan. Catet ya, pada versi HTML selanjutnya, XHTML dan XML, semua elemen HTML harus ditutup.

<br /> adalah elemen kosong tanpa tag penutup karena tag ini hanya berfungsi sebagai pemindah baris aja. Sebenarnya tag <br> dan tag <br /> fungsinya sama aja. Tapi sebaiknya gunakan tag <br />. Juga untuk setiap tag HTML yang tidak mempunyai tag penutup, sebaiknya tambahkan sebuah slash dibelakangnya. Kenapa? karena akan memudahkan kita dalam mengelola dokumen HTML kedepannya dan itu merupakan aturan yang berlaku untuk versi HTML, XHTML, dan XML.

Tags:

0 Responses to “Elemen-elemen HTML”

Post a Comment

Jangan ragu untuk menghubungi saya kapan saja boz memiliki pertanyaan, saran, pengumuman atau hanya ingin mengatakan "Hai!".

© 2013 CoPas Galeria. All rights reserved.
Designed by SpicyTricks