Tuesday, September 8, 2009

Membuat Logo Bertema "Go Green"


Setelah pemanasan global mulai terasa, sekarang orang mulai berkampanye tentang menyelamatkan bumi. Pokoknya Go Green! dimanapun. Terinspirasi dari kampanye pemanasan global dan dari seorang master vector design, saya mencoba membuat desain logo bernuansa hijau dengan menggunakan CorelDraw. Kalau ada yang tertarik untuk mencoba membuatnya, saya sediakan langkah-langkahnya disini.


Langkah ke-1

Buat dokumen baru. Pilih jenis huruf yang boz sukai (saya menggunakan Arial Bold). Selanjutnya, ketik kata atau frase yang boz inginkan. Kalau saya kan mengetik CopyPaste.



Langkah ke-2

Dengan teks dalam keadaan dipilih (selected), buat Linear Gradient menggunakan tool Fountain Fill (F11) dari Panel Toolbox. Pada Type, ubah tipe gradasi menjadi Linear. Pada kotak Color Blend, warna From diisi dengan warna hijau terang (C = 40, M = 0, Y = 100, dan K = 0) dan warna To menjadi warna hijau gelap (C = 60 M = 16 Y = 100 K = 0). Pada kotak Options, ubah nilai Angle menjadi -90 derajat sehingga hasilnya adalah warna hijau terang berada di bagian atas dan warna hijau gelap berada di bagian bawah.



Langkah ke-3

Sekarang kita akan membuat desain daun. Mulailah dengan menggambar bentuk daun dengan Pen Tool (P). Jika daun sudah terbentuk, hilangkan garis tepi daun agar terlihat lebih smooth dengan mengklik menu Arrange -> Convert Outline To Object kemudian tekan tombol Delete pada keyboard.

Langkah ke-4

Sekarang kita akan memotong daun menjadi dua bagian dengan menggunakan tool Trim (klik menu Window -> Dockers -> Shaping untuk memunculkan kotak dialog Shaping). Sebelumnya copy paste dulu gambar daun menjadi dua Sehingga sekarang kita mempunyai dua buah gambar daun. Supaya lebih mudah, kita namai daun yang ke-1 menjadi daun1 dan daun yang ke-2 menjadi daun2. Buat sebuah objek mengikuti lengkungan daun1 bagian tengah dengan menggunakan Pen Tool, beri warna hitam. Tempatkan objek hitam tersebut di bagian atas daun sampai menutupi setengah bagian daun. Dengan objek hitam dalam keadaan terpilih, klik tombol Trim pada kotak dialog Shaping, kemudian klik potongan daun1 bagian atas. Nah, sekarang daun1 menjadi tinggal sepotong (bagian atasnya saja). Dengan menggunakan teknik yang sama, potong daun2 dan ambil bagian bawahnya. Supaya ukurannya lengkungnya sama dengan daun1, maka potong daun2 menggunakan potongan daun1. Sekarang kita mempunyai dua buah daun dimana daun1 hanya mempunyai daun bagian atas saja dan daun2 hanya mempunyai bagian bawahnya. Gabungkan kedua potongan daun tersebut sampai membentuk sebuah daun. Ribet ya. Dibikin dua, dipotong-potong, disatukan lagi. Tenang boz, ini berguna untuk memberikan efek gradasi pada daun nantinya.



Langkah ke-5

Sekarang kita akan menerapkan gradasi pada daun1 dan daun2 supaya terlihat realistik. Klik daun1 (yang tersisa bagian atasnya). Dngan menggunakan Fountain Fill, Ubah Angle menjadi -120 derajat untuk membuat gradasi dari sudut kanan atas ke sudut kiri bawah. Warna From (C = 40, M = 0, Y = 100, dan K = 0) dan To (C = 60 M = 16 Y = 100 K = 0) sama seperti saat membuat teks. Klik daun2. Dengan menggunakan langkah yang sama, ubah Anglenya menjadi 45 derajat.



Langkah ke-6

Buat garis melengkung pada daun1. Gunakan 3 Point Curve Tool untuk membuatnya. Tambahkan efek gradasi pada objek tersebut menggunakan Fountail Fill. Ubah Anglenya menjadi -83.6 derajat dan pada Color Blend pilih Custom.



Langkah ke-7

Saatnya membuat tetesan air di atas daun. Gunakan Ellipse Tool untuk membuat gambar berbentuk oval. Gunakan Fountain Fill untuk membuat gradasi warnanya. Ubah Edge Pad menjadi 20, Type=Linear.



Buat gambar berbentuk oval yang lebih kecil dari gambar oval sebelumnya dengan menggunakan Ellipse Tool. Beri warna yang lebih terang dari oval sebelumya. Gunakan Fountain Fill untuk membuat gradasi warnanya dan tempatkan di atas oval yang lebih besar. Atur posisinya seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.



Copy paste oval yang lebih terang tersebut sebanyak dua kali dan tempatkan di atas oval yang lebih terang tadi. Hasilnya kira-kira seperti ini:



Langkah ke-8

Sekarang kita akan membuat kumbang. Dengan menggunakan Ellipse Tool, buat dua buah lingkaran dengan warna merah dan merah tua. Buat gambar berbetuk oval, beri warna hijau. Tempatkan oval hijau di atas lingkaran yang berwarna merah tua. Potong lingkaran merah tua oleh oval hijau dengan menggunakan Trim Tool pada Kotak Shaping. Setelah lingkaran merah tua terpotong bagian atasnya, gabungkan dengan lingkaran merah. Gabungkan dua buah lingkaran tersebut dengan mengklik menu Arrange -> Group.



Selanjutnya kita akan membuat beberapa bentuk oval pada tubuh kumbang. Buat beberapa lingkaran kecil dan beri warna hitam. Tempatkan lingkaran kecil tersebut pada lingkaran merah yang telah di-Group sebelumnya. Gunakan Intersect Tool pada kotak Shaping untuk memotong sebagian lingkaran hitam. Tambahkan sebuah lingkaran berwarna hitam sebagai kepala kumbang dan tempatkan di luar lingkaran merah. Tambahkan juga dua buah antena pada kepala kumbang. Untuk membuat antena, gunakan 3 Point Curve Tool dan beri warna hitam. Setelah kumbang selesai dibuat, kemudian gabungkan (Arrange -> Group).



Langkah ke-9

Gabungkan kumbang dengan daun yang telah dibuat. Hasilnya seperti ini:



Penyelesaian akhir

Buat kerikil dengan menggunakan Ellipse Tool. Tambahkan efek gradasi Radial dengan warna From hitam dan warna To coklat. Copy paste sebanyak mungkin dan tempatkan di bagian bawah teks CopyPaste. Tempatkan daun dan tetesan air pada beberapa teks. Agar teks terlihat seperti sebuah pohon, tambakan cabang di beberapa teks dengan menggunakan 3 Point Curver Tool dan meri warna yang sesuai dengan warna teks. Buat kotak persegi panjang dan beri warna hijau (C:41, M:12 Y:98, K:0), beri gradasi Radial dan tempatkan sebagai latar belakang. Hasil akhirnya seperti ini:



Download file .cdr

Tags:

1 Responses to “Membuat Logo Bertema "Go Green"”

Sri said...
September 8, 2009 at 10:09 PM

Tutorial yang bagus. Langkah2nya cukup jelas


Post a Comment

Jangan ragu untuk menghubungi saya kapan saja boz memiliki pertanyaan, saran, pengumuman atau hanya ingin mengatakan "Hai!".

© 2013 CoPas Galeria. All rights reserved.
Designed by SpicyTricks